[Logo www.acvariu.ro]

Acvariu.ro - forum - Cea dintai comunitate a acvaristilor
  [Search] Search   [Recent Topics] Recent Topics   [Hottest Topics] Hottest Topics   [Top Downloads] Top Downloads   [Members] Member Listing   [Groups] acvariu.ro 
[Register] Register / 
[Login] Login 
Forum Index
Profile for :: beasiswas1
Avatar All about beasiswas1
Ranking: Unripe member
Registration date: 07/11/2019 06:02:10
Number of messages posted: No posted messages available
Created topics: No topic created
Website: http://slootbag.com/forums/users/beasiswas1
Biography: Menyusun rencana studi Perguruan Tinggi Swasta untuk semester-semester berikutnya juga nggak boleh sembarangan. Perencanaan dan segala trik trik cantiknya yang kamu lakukan di semester 1 kuliah tidaklah sama (dan tidaklah relevan) jika kamu gunakan kembali di semester 3. Genap-ganjilnya semester yang akan kamu jalani pun akan sangat mempengaruhi perencanaan studi yang akan kamu buat. Salah ambil langkah, bisa-bisa nilaimu yang kena batunya.

Ribet? Memang. Tapi jangan khawatir, karena di sini kamu akan memahami dan mengetahui bagaimana cara membuat perencanaan studi yang baik dan benar dari semester pertama sampai semester terakhir berkuliah. Yuk, disimak!

Baca Juga : Beasiswa Untuk Mahasiswa S1

1. Review jadwal dan kegiatan semester lalu

Ada pepatah bilang: pengalaman adalah guru yang terbaik. Nah, nggak ada salahnya kalau kamu belajar dari pengalaman semester-semester lalumu agar kamu nggak sampai salah langkah di semester-semester ke depan.

Coba, deh, ingat-ingat lagi apa aja kegiatan dan pencapaian kamu selama satu semester lalu. Apa, sih, hal baik yang bisa kamu terapkan lagi di semester depan? Atau, adakah kendala Beasiswa S1 yang bikin kamu susah membagi waktu? Dari situ, kamu bisa memaksimalkan manajemen waktu kamu di semester depan dan memilah-milah kegiatan mana yang sekiranya memang penting untuk dilanjutkan, yang masih bisa dikompromikan, atau yang ternyata harus kamu tinggalkan karena effort yang kamu keluarkan jauh lebih besar dibanding faedah yang kamu dapat. Semua keputusan ada di tangan kamu!

2. Selesaikan hutang—jika ada

Setelah menyortir jadwal dan kegiatan di semester lampau, sekarang saatnya kamu cek dan ricek “hutang”mu. Bukan hutang duit, tapi hutang kegiatan!

Mungkin ada beberapa kegiatan Beasiswa S1 yang idealnya udah kamu selesaikan di semester lalu—seperti laporan pertanggungjawaban divisi di organisasimu, revisi proposal, atau les bahasa asing. Setahun udah kelar, tapi ternyata goals kamu belum tercapai. Things aren’t always go as planned, no?

Daripada kena tanggung, ada baiknya kalau kamu selesaikan dulu “hutang” yang nggak bisa kamu selesaikan di semester lalu sebelum menyusun jadwal semester depan. Dengan begitu, kamu nggak akan merasa terbebani ketika kegiatan kamu malah numpuk di semester-semester selanjutnya.

3. Pilih jadwal mata kuliah sesuai kemampuan

Ini dia, nih, hal yang sering dianggap sepele sama mahasiswa, tapi justru memegang peranan paling krusial dalam merencanakan studimu. Kenapa?

Di tahun pertama kuliah, kamu terbantu dengan Beasiswa S1 jadwal dan mata kuliah “baku” yang sudah disusun oleh akademik kampusmu. Beda cerita ketika kamu menginjak tahun kedua dan seterusnya—kamu nggak akan lagi “terima jadi” jadwal kuliah di tiap semesternya ataupun milih mata kuliah seenak jidat. Kalau sampai strategi, bisa-bisa semua perencanaan yang udah kamu susun sedemikian rupa untuk satu semester ke depan jadi amburadul.

Kecuali kalau kamu mahasiswa Ilmu Kedokteran yang punya sistem blok atau kurikulum ajar program studimu yang udah “kaku” sampai akhir, kamu bebas memilih mata kuliah semester berikutnya dengan catatan sudah menyelesaikan mata kuliah pengantar atau SKS kamu mencukupi. So, menurut Youthmanual, inilah yang harus kamu perhatikan dalam memilih dan menyusun jadwal kuliah untuk satu semester ke depan.

Lainya : Cara Berhenti Donasi Unicef
Contact beasiswas1
Private Message:
Powered by JForum 2.3.4 © 2012 JForum Team • Maintained by Andowson.com